Selasa, 07 Desember 2010

MK Beberkan Temuan Tim Investigasi 9 Desember

akarta - Tim investigasi yang dipimpin Refly Harun akan menyerahkan temuan terkait dugaan suap di Mahkamah Konstitusi (MK) hari ini pukul 17.00 WIB. MK selanjutnya akan mengumumkan temuan itu pada Kamis 9 Desember 2010.

"Laporan dari tim investigasi yang dipimpin oleh Refly Harun baru akan diserahkan kepada saya nanti sore pukul 17.00 WIB," kata Ketua MK, Mahfud MD.

Hal ini disampaikan Mahfud dalam jumpa pers di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (8/12/2010).

Setelah itu, kata Mahfud, MK akan melakukan jumpa pers terkait dengan isi atau temuan apa saja yang telah ditemukan oleh tim investigasi besok sekitar pukul 09.00 atau pukul 10.00 WIB.

"Jadi, soal substansi laporan, saya belum bisa sampaikan. Karena, saya sendiri belum tahu hasilnya seperti apa.

Pak, kenapa tidak nanti sore jumpa pers soal substansi laporan Refly? "Kebetulan nanti sore, saya ada peluncuran buku di TMII dan saya juga mengisi menjadi pembicara di acara tersebut. Jadi diputuskan besok saja," jawab Mahfud.

Seperti diketahui, tulisan Refly dimuat di rubrik Opini Harian Kompas, Senin 25 Oktober 2010, dengan judul "MK Masih Bersih?". Dalam tulisan itu, Refly menyebutkan pernah mendengar langsung bahwa di Papua ada orang yang mengantarkan dan menyediakan uang bermiliar-miliar untuk berperkara di MK, termasuk untuk menyuap hakim di MK dalam kasus Pemilukada.

Pakar hukum tata negara ini juga mengungkapkan jika melihat dengan mata kepala sendiri tumpukan uang Rp 1 miliar, yang akan diberikan kepada hakim MK oleh orang yang sedang berperkara.

Tulisan Refly kemudian memancing reaksi dari Mahfud MD. Dia langsung menunjuk Refly sebagai ketua tim independen yang menyelidiki dugaan suap tersebut. Beberapa anggota tim tersebut antara lain, Bambang Widjojanto, Adnan Buyung Nasution dan Saldi Isra. Tim bekerja hingga 8 Desember 2010.
(aan/asy)

Tidak ada komentar: